Jenis dan Macam-macam Seni - Seputar Seni dan Kebudayaan Jenis dan Macam-macam Seni ~ Seputar Seni dan Kebudayaan

Selasa, 17 Januari 2017

Jenis dan Macam-macam Seni

blogs.uoregon.edu
Secara umum, seni adalah segala sesuatu yang menampilkan keindahan dan berhasil membua orang yang melihatnya terkesan. Ada banyak cara menangkap kesan serta menghasilkan kesan. Sehingga terdapat beberapa macam seni, yakni antara lain sebagai berikut.

1. Seni Rupa

 

Pengertian dari seni rupa adalah hasil sebuah ekspresi, ciptaan kualitas dari alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta pembagian objek-subjek terhadap pembagian tertentu yang dibuatkan menjadi suatu struktur sehingga bisa dinikmati menggunakan indra peraba dan mata. Intinya seni rupa adalah sebuah karya seni rupa yang menciptakan bentuk sehingga bisa dinikmati secara visual. Seni rupa juga terbagi dalam beberapa bagian, diantaranya adalah seni rupa terapan dan seni rupa murni.

2. Seni Musik

Seni musik adalah hasil buatan manusia yang menghasilkan harmoni dan bunyi ritme yang indah bagi yang mendengarkannya. Banyak jenis hasil bunyi yang dihasilkan oleh seni musik. Contohnya akapela yang dihasilkan dari alat musik ataupun menyanyi yang dihasilkan oleh suara manusia.

3. Seni Tari

Seni tari merupakan hasil dari buatan manusia yang mensinergikan gerakan tubuh dalam menghasilkan keindahan bagi siapa saja yang melihatnya. Melalui seni tari, manusia menggunakan bagian-bagian tubuh mereka seperti mata, bada, tangan, kaki dan yang lainnya untuk mengkomunikasikan bentuk keindahan serta ekspresi rasa mereka. Pada umumnya seni tari sering digabungkan dengan seni rupa dan seni musik untuk melengkapi pengekspresian rasa yang ada.

4. Seni Teater

Seni teater merupakan hasil buatan manusia dalam mengekspresikan imajinasi yang ada dalam pikirannya yang erat berhubungan dengan sikap manusia baik sebagai asyarakat, kelompok ataupun individu. Seni teater, layaknya seni tari sering diisi oleh seni musik dan seni rupa bahkan juga seni tari sering dimasukkan didalamnya. Sehingga ekspresi perasaan yang ingin ditujukkan tersampaikan dengan sangat memuaskan.

5. Seni Sastra

Seni sastra merupakan segala bentuk hasil daya kreasi dan imajinasi manusia yang dinikmati dari segi visual serta dai makna seni itu sendiri. Hal ini disebabkan seni sastra menggambarkan sebuah keindahan disajikan dalam bentuk kata-kata, baik disuarakan ataupun dituliskan. Contohnya, kaligrafi kufi, puisi dan sebagainya.
Demikian artikel pembahasan tentang pengertian seni, jenis dan macam-macam seni. Semoga bermanfaat ya dan bisa menjadikan kita lebih bisa menghargai sebuah seni.

pustaka :  http://www.qolbunhadi.com/pengertian-seni/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages