Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi - Seputar Seni dan Kebudayaan Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi ~ Seputar Seni dan Kebudayaan

Senin, 23 Januari 2017

Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

seni-rupa-3d pixabay.com
Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa terbagi menjadi 2 yaitu, karya seni 2 dimensi dan 3 dimensi. Karya seni rupa 2 dimensi merupakan Karya seni rupa yang memiliki dua ukuran yaitu panjang dan lebar.
Sedangkan karya seni rupa 3 dimensi memiliki tiga ukuran yaitu panjang, lebar dan tebal atau dapat dikatakan mempunyai ruang.
Berikut dibawah ini pembahasan mengenai seni rupa 2D dan 3D
Setiap daerah yang ada di indonesia memiliki berbagai macam bahan dan media yang bisa digunakan. Hal ini pun berlaku untuk karya seni rupa dan cara membuatnya, wmeskipun beberapa diantara teknik yang dilakukan agak mirip, seperti beberapa teknik berikut ini :


Karya seni rupa 2 dimensi

 
Seni Rupa 2D dan 3D contoh seni rupa 2D

Seni rupa dua dimensi sering juga disebut sebagai “Dwimatra” yaitu karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar sehingga hasilnya dapat dilihat hanya dengan satu arah saja.
Namanya juga 2D yang artinya dua dimensi berarti karya seni ini tidak timbul atau dengan kata lain datar karena hanya memiliki 2 dimensi, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa contoh seni rupa 2D.

Contoh seni rupa 2D

Lukisan


Karya seni rupa 3 dimensi

contoh seni rupa 3D

 

Seni rupa 3D merupakan seni  yang tak hanya terbatas pada panjang dan lebar saja namun ia memiliki satu unsur lagi yaitu ruang.
Jadi seni rupa 3D merupakan karya seni yang menggunakan panjang, lebar dan ruang sebagai penerapannya.
Unsur ruang ini yang nantinya akan membedakan dari karya seni lainya seperti karya seni 2D, untuk lebih jelasnya anda bisa melihat langsung contoh seni rupa 3D dibawah ini.

Contoh seni rupa 3 dimensi

Patung, Monumen, Bangunan, Guci, Relief, Vas bunga, Candi, Boneka dan lain lain.
Share:

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages